Kamis, 11 Maret 2010

Pengantar Sekuriti Komputer

Keamanan suatu komputer sangat diperlukan jika berkaitan dengan kerahasiaan data dan informasi yang disimpan dalam file pada suatu komputer. Tingkat keamanan menjadi bukan suatu masalah jika komputer tersebut merupakan komputer yang berdiri sendiri (stand alone) dan tidak tersambung ke jaringan komputer manapun.
Transmisi data dan sharing data dalam suatu jaringan komputer baik lokal (LAN) maupun global (internet) telah melahirkan satu cabang baru dalam computer science terkait dengan tingkat keamanan dan kerahasiaan data yang dikirimkan dari node sumber ke node tujuan dari serangan oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan.
Untuk memproteksi data/file yang tersimpan ataupun yang dikirim melalui jaringan dapat dilakukan dengan mengunci data/file tersebut (password). Cara lainnya dapat dilakukan dengan mengubah data yang disimpan atau dikirimkan ke suatu bentuk tertentu (encryption) yang hanya dapat dibaca jika data/file tersebut dikembalikan ke bentuk semula (descryption).
Teknik yang pertama tidak menjadi masalah selama data/file tersebut tidak dikirimkan melalui jaringan dan hanya dilakukan pada komputer yang berdiri sendiri, tetapi akan menjadi lebih rumit jika data/file tersebut harus dikirimkan dan bergerak dari satu node ke node yang lainnya hingga mencapai tujuan. Penyerangan akan lebih dimungkinkan jika data berada dalam jalur transmisi dalam satu jaringan.

Serangan, Servis dan Mekanisme

Serangan dapat dilakukan pada satu node dalam jaringan dengan cara mengintip transmisi yang terjadi dalam jaringan tersebut ataupun dengan cara mengirim file yang akan merubah data keamanan yang ada pada node dan mengirimkan informasi yang ada pada node tersebut ke si penyerang ataupun penyerang akan mengubah seluruh informasi yang ada pada node.
Keamanan dari serangan dapat dilihat dari tidak adanya pemakaian suatu akses ke node oleh yang tidak berhak, dan tingkatan level terbawah tidak dapat menembus level yang lebih tinggi dari yang diizinkan.
Mekanisme pengamanan dapat dilakukan dengan cara merancang suatu pendeteksi, mencegah dan memulihkan suatu serangan yang terjadi terhadap jaringan.
Service pengamanan adalah service yang berorientasi terhadap keamanan sistem pemrosesan data dan pengiriman informasi dari satu node ke node lainnya. Servis pengamanan dibuat berdasarkan atas satu atau lebih mekanisme pengamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda!
Mari kita terus berbagi....................

Bisnis Online Pemula